Sunday, April 25, 2010

Penerimaan Proposal GEF SGP Indonesia Periode April 2010

Penerimaan Proposal GEF SGP Indonesia Periode April 2010

Prioritas Geografis: Sumatera, Kalimantan, Jawa & Pulau-pulau Kecil
Prioritas Issue: Konservasi Keanekaragaman Hayati
Waktu tenggat pengiriman proposal: 8 Mei 2010

Global Environment Facility Small Grants Programme (GEF SGP) Indonesia
adalah program pendanaan lingkungan yang didukung oleh GEF dan dilaksanakan oleh UNDP mewakili lembaga-lembaga pelaksana GEF lainnya termasuk Bank Dunia dan UNEP.

Sekretariat Nasional GEF SGP Indonesia membuka undangan mengirimkan proposal dalam rangka pelaksanaan operasional GEF4 tahun 4 (2009-2010). Untuk tahun ini, GEF SGP Indonesia menerima alokasi pendanaan dari Resource Allocation Framework sebesar 711,000 US$ untuk mendukung inisiatif lembaga swadaya masyarakat, kelompok perempuan, lembaga masyarakat adat dan kelompok masyarakat lain untuk mengatasi tantangan lingkungan melalui upayakonservasi keragamaan hayati. Alokasi pendanaan ini ditujukan untuk tema konservasi keanekaragaman hayati.
Daerah geografis yang diutamakan adalah daerah dengan ekosistem kritis,
termasuk dalam peta hot-spot Rencana Aksi Keragaman Hayati Indonesia di
Sumatera, Kalimantan, Jawa dan pulau-pulau kecil.

Dana hibah yang diberikan berkisar 2,000 $ – 50,000 $ untuk masa pelaksanaan maksimal 24 bulan. Mohon diperhatikan untuk kontribusi masyarakat dalam perencanaan biaya, baik itu berupa jasa (natura) atau dana yang digerakkan oleh masyarakat agar memenuhi syarat dana dampingan GEF SGP dengan perbandingan 1:1. Dana dampingan atau kontribusi dari pengaju proposal ini dimaksudkan untuk menekankan kemandirian dan memberikan jaminan keberlanjutan program. Hanya lembaga yang memiliki kontribusi dan swadaya yang akan diberi nilai lebih dalam proses seleksi.

GEF SGP Indonesia mendorong kemitraan langsung dengan masyarakat adat,
kelompok perempuan dan kelompok rentan lainnya dalam upaya menghadapi ancaman-ancaman ekologis sesuai dengan kriteria GEF. Program dana hibah kecil GEF SGP berusaha dengan cara-cara yang kreatif dan inovatif untuk membuka akses kepada kelompok yang tidak fasih membaca dan menulis dengan pengajuan proposal video ataupun proposal tertulis dengan gambar (foto bersuara atau power point presentation) dalam bahasa daerah dengan rekomendasi penyusunan rencana program yang partisipatif dan menghormati kemampuan dan kearifan lokal. Program ini bertujuan untuk memberikan fasilitas pendanaan kepada kelompok masyarakat dan lembaga swadaya yang sedang menghadapi tantangan ekologis dengan cara-cara dan teknologi yang inovatif, mandiri dan terjangkau melalui pengelolaan sumberdaya yang berkelanjutan. GEF SGP Indonesia mendorong para pengaju proposal untuk mengajukan kegiatan yang mencakup issue perubahan iklim dalam analisa ancaman ekologis dan cara penanggulangan ancaman secara kolektif.

Sekretariat Nasional GEF SGP Indonesia mengundang organisasi kampung,
kelompok masyarakat adat, kelompok perempuan dan LSM untuk mengirimkan konsep kegiatan dan proposal untuk alokasi dana hibah kecil tahun 2009-2010,terutama di daerah Sumatera, Kalimantan dan pulau-pulau kecil.

Tanggal terakhir penerimaan proposal adalah 8 Mei 2010. Mohon melihat format atau ketentuan proposal dengan baik, untuk melihat fokus area, kriteria, budget dan detail lainnya. Mohon melihat ke www.sgp-indonesia.org
dan menyimak halaman selanjutnya untuk panduan lebih lengkap. Hanya lembaga yang terpilih dalam seleksi yang akan
dihubungi untuk proses selanjutnya.

Mohon mengirimkan proposal dan atau berkomunikasi ke email ke : info@sgp-indonesia.org

Atau
melalui pos:
Koordinator Nasional GEF SGP Indonesia

d/a Yayasan Bina Usaha Lingkungan
Jl. Hang Lekir VIII no 1
Kebayoran Baru Jakarta 12120
Telepon 021 720 6125

NB: Kami tidak menerima telepon atau komunikasi langsung, mohon mengirimkan proposal via email atau pos. Terimakasih.

Posted via email from jobnesia's posterous

No comments:

Post a Comment